Kamis, 09 Oktober 2014

Tugas 3, IBD, Manusia dan Keindahan



Manusia dan Keindahan

Manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna dibandingkan dengan makhluk lainnya yg mempunyai akal dan pikiran secara logis dan dinamis serta memiliki organ tubuh yang sangat indah. Keindahan tak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Dimanapun kapan pun dan siapa saja dapat menikmati keindahan.

Manusia memiliki keindahan yang terpancar dari dirinya masing – masing. Arti kata keindahan yaitu bagus, permai, cantik, elok, molek dan sebagainya. Keindahan identik dengan kebenaran, sesuatu yang indah itu selalu mengandung kebenaran. Walaupun kelihatanya indah tapi tidak mengandung kebenaran maka hal itu pada prinsipnya tidak indah.

Keindahan yang sering sekali dilihat yaitu keindahan pemandangan alam dan keindahan seseorang atas segala anggota tubuhnya dan keindahan atas dasar seni yang dilahirkan oleh manusia untuk mengembangkan bakat yang dimilikinya sehingga menjadi unsur keindahan yang bagus. Ada tiga hal yang nyata ketika seseorang menyatakan bahwa sesuatu itu indah, apabila ada keutuhan (Integrity) ada keselarasan (Harmony) serta kejelasan (Clearity) pada objek tersebut. Ini biasanya disebut sebagai hukum keindahan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar